Beranda » tips sukses » Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis

Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis

T Diposting oleh pada 4 March 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 571 kali
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis – Mau membuat website membutuhkan layanan hosting, selain itu perlu memilih nama domain untuk situs anda. Sebagai alamat website nantinya. Tidak bisa asal-asalan dalam memilih domain. Jangan sampai domain yang anda beli sulit untuk dieja dan akhirnya pengunjung tidak datang ke situs anda.

Lalu bagaimana memilih nama domain yang tepat? Ada beberapa tips nih yang bakal mempermudah anda memilih nama domain yang beda dengan yang lain.

BAGAIMANA MENENTUKAN NAMA DOMAIN YANG BAIK UNTUK WEBSITE

Tentukan Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Bebas saja seh mau memakai nama apa mau panjang atau pendek terserah. Akan tetapi usahakan agar tidak terlalu panjang. Sebagai patokan jangan membuat domain melebihi tiga kata.

Domain yang ringkas dan pendek akan lebih mudah dibaca dan diingat. Ingat dech waktu pertama kali membuka facebook.com atau twitter.com. mudah dan cepat untuk memahami domain dan mengingatnya.

Nama domain yang pendek lebih hemat tempat. Misalnya anda mau cantumkan di profil online, portofolio, atau kartu nama. Domain yang singkat ini sudah banyak yang mengincarnya segera pikirkan suatu nama yang tidak akan terpikir orang lain.

Pastikan Domain Mudah Diketik

Apakah anda pernah mengetik domian dengan nama yang sangat panjang. Seperti boerue-rose- flower-view01.com. Susah untuk diingat sekalipun domian tersebut susah diketik. Ada alasannya mengapa seperti itu:

• Nama yang digunakan terlalu panjang.
• Ada hyphen atau tanda hubung (-). Orang belum tentu tahu bahwa domain menggunakan tanda baca.
• Ada ejaan yang tidak baku. Dari pada penggunakan boerue lebih baik ganti dengan kata biru atau sekalian blue dalam bahasa inggrisnya.
• Ada angka. Penggunaan angka pada nama domain tidak dilarang, tapi perlu dihindari agar orang yang ingin mengaksesnya tidak keliru antara “1” atau “satu”.

Selipkan Kata Kunci jika Memungkinkan

Pastinya anda mau situs anda mudah untuk ditemukan di hasil pencarian Google. Ada berbagi cara supaya website bisa selalu di halamn pertama pencarian. Juga bisa meletakkan kata kunci penting bisnis anda di dalam domain.

Seperti anda membuak bisnis yougurt salad. Bisa memilih nama seperti saladsehat.com.

Lakukan tips ini kalau memungkinkan menggunakannya. Sebab 63 persen website bisnis yang tampil di halaman pertama Google memiliki kata kunci di domainnya.

Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis

Gunakan Nama Brand sebagai Domain

Dalam setiap bisnis perlu brand. Adanya produk atau layanan yang diberikan lebih dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Brand membuat bisnis lebih mudah diingat. Bisa diambil sari contoh produk mie instan Indomie. Mereka yang mendengar nama itu sudah berpikir kalau produk mie instan. Ini yang disebut kekuatan brand.

Dan yang lebih menarik mereka menggunakan nama brandnya sendiri sebagai domain situs. Cara tersebut akan langsung membuat orang tahu kalau website tersebut milik Indomie. Bagi yang sudah menentukan brand, bisa menggunakannya di nama domain website. Selain bisnis bisa terkenal secara online, pihak lain tidak dapat menggunakan domain brand anda.

Pikirkan Nama yang Akan Selalu Relevan

Perlu diperhatikan jika anda menggunakan kata kunci atau nama brand di dalamnya. Sebab anda tidak bisa mengubah nama domain yang sudah dibeli. Contohnya bisnis anda yang semula merupakan menjual sabun herbal sekarang berubah haluan menyediakan pewangi alami. Dulunya anda memiliki domain herbalsoap.com tidak akan coock dengan usaha pewangi anda yang sekarang.

Anda bisa saja membeli domain baru yang sesuai yang diinginkan dan redirect ke situs yang sudah ada. Tapi reputasi domian anda menjadi nol lagi. Dan artinya semua optimasi mesin pencarian yang telah anda lakukan untuk domain sebelumnya sia-sia.

Cantumkan Nama Daerah Bila Perlu

Jika bisnis anda beroperasi di daerah tertentu, anda bisa memasukkan nama tempat ke dalam domain anda.

Seperti usaha anda terletak di daerah Jambi dan hanya melayani konsumen di daerah tersebut. Sah saja anda menggunakannya seperti jambigamis.com

Gunakan Ekstensi yang Sesuai

Banyak huruf belakang domain yang anda jumpai. Seperti .com, .org, dan .net dinamakan ekstensi domain. Memilih domain tertentu memiliki fungsi tersendiri.

• .org —digunakan untuk organisasi dan lembaga
• .net —digunakan untuk situs yang berkaitan dengan teknologi dan jaringan
• .co —digunakan situs perusahaan
• .biz —digunakan untuk situs bisnis
• .info —digunakan untuk situs yang bersifat informatif
• .me —digunakan untuk situs atau blog pribadi

Domain komersial, .com memang masih menjadi ekstensi nomor satu hingga saat ini. Jadi tidak akan heran untuk mendapatkan reputasinya akan cukup sulit. Terlebih domain anda terlihat mirip dengan situs lainnya.

Telah mencoba beberapa variasi dan tidak mendapatkan ekstensi .com, jangan putus asa. Masih ada ekstensi-ekstensi populer lainnya seperti .online, .site, dan .xyz. terlebih harganya lebih terjangkau dari pada domain ekstensi .com.

Menggunakan ekstensi .id yang tidak kalah terkenal. Entah digunakan sebagai website pribadi atau perusahaan dapat memanfaatkan eksetensi ini. Akhiran .id juga memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah kredibilitas tinggi.

Pastikan Domain Belum Digunakan Pihak Lain

Di balik semua tips tadi tidak boleh menggunakan domian yang sudah digunakan oleh situs lain. Jadi perlu menghindari nama domain yang mirip dengan brand perusahaan lain. Terlebih brand sudah mematenkan nama domiannya. Kalau nekat menggunakannya maka bisa-bisa berurusan dengan hukum.

Beli Beberapa Ekstensi Domain Sekaligus

Memang tergantung dari anggaran anda. Kalau memungkinkan sebaiknya membeli beberapa ekestensi sekaligus untuk satu nama domain. Ada dua alasan mengapa harus melakukannya.
Pertama supaya orang dengan niat yang buruk tidak membeli

Domain dengan ekstensi yang berbeda. Erputasi website bisa berdampak negatif jika pihak tersebut menggunakan websitenya untuk hal buruk.

Kedua, opsional. Anda perlu membeli beberapa ekstensi supaya orang tetap dapat mengunjungi situs anda meski ekstensi yang ditulis salah. Ini memerlukan redirect, yang dapat Anda lakukan melalui cPanel atau file .htaccess.

Segera Beli Domain yang Telah Anda Tentukan

Nama domain cepat terjual, terlebih bagi yang menggunakan ekstensi .com. Makanya anda perlu segera mengamankan pilihan domain begitu menentukannya.

Semoga bermanfaat infonya.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Belum ada Komentar untuk Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Memilih Nama Domain Website Bisnis

3 Rincian Wajib Dalam Usaha Konter Pulsa Untuk Sendiri

T 27 October 2018 F , , , , , , , A Roudhotun Nafi'ah

Jaman sekarang usaha konter banyak sekali digandrungi. Sebab sekarang ini banyak sekali usaha konter yang dicari oleh banyak masyarakat, yang dimaksud adalah usaha konter pulsa. Ada rincian yang juga harus anda ketahui yang harus disesuaikan dengan jenis usaha pulsa yang... Selengkapnya

3 Cara Efektif & Wajib Dilakukan Dalam Promosi Agen Kuota

T 18 August 2018 F , , , A Roudhotun Nafi'ah

Promosi merupakan sarana efektif untuk mengenalkan barang dan jasa dari perusahaan yang ada. Supaya orang-orang tahu produk terbaru apa yang telah diluncurkan, dilakukanlah promosi. Selain memperkenalkan produk terbaru, promosi juga bisa menarik konsumen untuk membeli barang atau jasa yang di... Selengkapnya

3 Sebab Saldo Atm Berkurang Sendiri

T 19 February 2019 F , , , , A Roudhotun Nafi'ah

Selalu panjatkan puji syukur kepada Allah yang selalu memberikan rahmat kepada kita semua, yang telah memberi kenikmatan hidup, dan rejeki yang barokah. Selalu bersyukur atas semua yang ada pada diri kita yang sedang kita rasakan saat ini. Semoga kita selalu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.