Beranda » tips sukses » 7 Strategi Branding Memaksimalkan Brand Produk

7 Strategi Branding Memaksimalkan Brand Produk

T Diposting oleh pada 28 February 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 180 kali
Distributor Pulsa Electrik Termurah

7 Strategi Branding Memaksimalkan Brand Produk – Branding sangat diperlukan dalam mengembangkan produk. Adanya branding bisa memaksimalkan startegi yang digunakan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Strategi branding tidak hanya digunakan pada bisnis atau organisasi saja.

Cara ini bisa diterapkan pada pekerja influencer yang berusaha meningkatkan daya jual mereka kepada konsumen yang mengikutinya.

Strategi Branding Produk Agar Maksimal

Apa saja yang perlu dilakukan dalam branding untuk semakin memaksimalkan brand produk? Yuk simaka ulasannya.

Sebutkan Tujuan di Balik Brand Anda

Bahwa solusi yang Anda janjikan melalui sebuah produk merupakan salah satu bentuk branding. Tapi hanya sekedar janji tidak cukup untuk membentuk image dari brand itu sendiri di mata masyarakat. Terlebih sudah banyak yang melakukannya tapi hasilnya nihil.

Pernyataan seperti itu mungkin susah untuk dipahami, terutama apabila belum pernah mendengar brand promise (janji) dan brand purpose (tujuan). Brand promise merupakan keunikan dari brand yang ingin anda pakai untuk menarik perhatian konsumen. Dan brand purpose merupakan misi yang anda inginkan dari bisnis anda.

Dapat dipahami bahwa keunikan memang mampu untuk menjadi pembeda antara diri anda dengan yang lain. Suatu yang unik dapat menjadi pusat perhatian dengan mudah. Namun keunikan akan hilang nilainya seiring waktu. Mempertahankan kedudukan brand, diperlukan suatu yang lebih yaitu alasan sebenarnya di balik bisnis anda.

Contoh dari brand purpose milik raksasa furniture asal Swedia, Ikea. Di halaman pengenalan ada visi dan ide bisnis di situs resminya, dan tertulis kalau bisnis mebel itu memiliki tujuan “to create a better everyday life for the many people”, yang berarti untuk membuat kehidupan sehari-hari lebih baik.

Dari kalimat tersebut ada sebuah nilai jual yang lebih dari Ikea tidak hanya sekedar mencari pendapatan tapi juga mmemperhatikan taraf hidup masyarakat. Makanya butuh misi yang senantiasa anda lakukan dengan ikhlas.

Strategi Memaksimalkan Brand Produk

Jaga Konsistensi Brand

Ciri bisnis yang bisa bertahan lama adalah konsisten dalam berbagai hal. Termasuk dalam desain, ide, warna dan gaya bahasa. Kenapa? Kecocokan yang seimbang dalam dalam sebuah merk akan membentuk persepsi yang positif dalam pikiran masyarakat. Hal tersebut membuat bisnis makin mudah untuk diingat.

Sederhananya adalah sebuah rumah makan sebagai contohnya. Menu yang disajikan itu terbilang enak, sehingga menjadi pelanggan dan mencobanya sekali lagi. Nah, kualitas masakan menjadi berkurang setelah beberapa kali bersantap disana. Apa yang akan terjadi? Pastinya kecewa bukan?

Pelajaran tadi juga berlaku pada bisnis anda. Tapi cara mengaplikasikannya berbeda. Kualitas produk perlu dijaga selain itu konsistensi juga harus diterapkan pada media pemasarannya. Ini dilakukan supaya tidak terjadi kebingungan di antara pelanggan anda. Terlebih anda mendirikan bisnis yang memiliki banyak kompetitor langsung.

Merk minuman Coca Cola, ya merek ini memang sudah ada sebelum anda lahir. Tapi perusahaannya masih memelihara konsistensi brand yang kuat melalui keberadaannya di dunia maya.

Jika anda membuka websitenya dan semua akun media sosialnya terlihat bahwa logo yang digunakan memiliki warna yang sama, yaitu merah. Bayangkan jika tiba-tiba perusahan tersebut mengganti warna dominannya menjadi warna lain biru misal. Padahal sudah ada Pepsi yang menjadi pesaing utamanya yang sudah lebih dahulu mengunakan warna biru itu.

Coba cermati dengan lebih baik, di deskripsi akun ada kata yang tertulis “Spreading optimism, one bottle at a time, or maybe two bottles to share”. Bisa jadi contoh untuk memperkuat strategi brand anda.

Memiliki Website

Media sosial merupakan salah satu alat untuk membangun bisnis. Usaha branding dalam sebuah perusahaan tidak akan lengkap tanpa memiliki website.

Kenapa sih kok Website? Sebab 88 persen perusahaan setuju bahwa memiliki website memudahkan konsumen untuk menemukan mereka, hasil dari studi Verisign. Kok bisa ya? Karena kebiasaan pembeli sudah berubah dan lebih dari 80% mereka mencari produk atau jasa di internet.

Banyak usaha kecil menengah yang berhasil membangun kesuksesan mereka dengan bantuan website. Selain Makaroni Ngehe, Kampung Souvenir adalah salah satu contohnya.

Seperti bisnis aksesoris dan gamis Bali yang mampu meraup omzet sampai Rp 400 juta per bulan. Berkat situsnya yang berupa toko online, bisa mendapatkan konsumen dari luar negeri. Kampung Souvenir juga telah menggunakan logo dan slogan seperti yang bisa dilihat pada tangkap layar halaman utama situsnya. Mau lebih cepat terkenal melalui internet bisa mencontoh dari bisnis satu ini.

Informasi tambahan, ada tidak harus selalu menggunakan website sebagai toko online. Anda bisa saja memakainya sebagai profil perusahaan yang menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan. Yang terpenting situs bisnis anda memiliki konten yang mudah untuk dipahami dan memiliki ciri khas merk. Ingat, website harus mengikuti standar yang sudah ditentukan. Gunakan web hosting yang berkualitas. Pastikan anda memilih domain yang mudah diingat.

Membangun Kedekatan Antar Konsumen

Kedekatan dengan orang lain merupakan salah satu kebutuhan psikologis manusia yang mendasar. Konsep ini bisa diterapkan untuk menciptakan citra bisnis yang positif. Penerapannya berbeda dalam setiap bisnis, tapi yang paling sering adalah melalui komunitas penggunanya.

Rapha, brand perlengkapan bersepeda asal Inggris, adalah salah satu yang menggunakan komunitas pengguna untuk strategi branding. Di realisasikan melalui Rapha Cycling Club (RCC), sebuah klub yang bersifat internasional. Tidak hanya sebagai wadah konsumen, tapi agar anggotanya dapat menggelar aktivitas bersepeda rutin melalui koordinator Rapha di berbagai negara. Sekarang telah memiliki komunitas di lebih dari 80 negara. Ditambah lagi, setiap minggunya ada lebih dari 150 acara yang diadakan.

Tentunya Anda tidak hanya dapat menumbuhkan kedekatan antar konsumen dengan skala sebesar contoh di atas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengadakan kontes, seperti yang dilakukan oleh Starbucks di tahun 2014.

Iya memang anda tidak mungkin menumbuhkan kedekatan antar konsumen dengan skala sebesar seperti yang dilakukan tadi. Cara lain yang bisa dilakukan seperti mengadakan kontes seperti Starbucks di tahun 2014. Upaya mengajak para konsumennya untuk berkreasi dengan wadah strbuck terbaik. Mendesainnya dengan unik den mengunggah fotonya dengan di lengkapi tagar #WhiteCupContest. Desain terbaik akan di produksi sebagai edisi terbatas.

Integrasikan Staf Customer Service dengan Standar Brand

Sekitar 96% konsumen beranggapan bahwa ada atau tidaknya customer service mempengaruhi loyalitas mereka terhadap sebuah brand. Layanan menjadi faktor yang meningkatkan kualitas brand anda. Akan tetapi anda harus memastikan staf layanan konsumen sepenuhnya paham dengan standar brand yang sudah dibuat. Kalau brand anda mengedepankan keramahan dan formalitas dalam melayani pelanggan, maka seluruh agen customer service harus memiliki ciri-ciri seperti itu.

Semua ini dapat dicapai dengan melakukan orientasi standar brand yang intensif terhadap karyawan. Bisa terlaksana dengan baik jaga konsistensi brand anda selalu ya.

Berikan Apresiasi pada Pelanggan

Kemungkinan brand anda sudah memiliki pelanggan setia. Bahkan mungkin beberapa diantara mereka tidak hanya sekedar membeli produk atau menggunakan jasa anda. Namun merekomendasikan dengan mengulasnya secara online.

Supaya loyalitas tidak memudar, perlu mengungkapkan rasa terimakasih kepada pelanggan yang memberikan apresiasi lebih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya.

Sederhananya saja, setiap pembelian produk atau penggunaan jasa akan mendapatkan satu poin. Saat pelanggan berhasil mengumpulkan sejumlah poin, ia berhak mendapatkan hadiah tertentu. Bentuknya bisa beragam. Hadiah fisik atau sebuah voucher diskon. Mungkin anda pernah melihat sistem serupa di swalayan atau toko besar tertentu.

Paling sederhana, hanya dengan ucapan terimakasih setiap pembelian di toko anda. Meski terdengar sepele tapi ungkapan tersebut menunjukkan apresiasi anda memperhatikan keberadaan pelanggannya.
Ungkapan terima kasih juga bisa anda berikan ketika jumlah konsumen atau pengguna telah mencapai angka tertentu.

Ingat Perhatikan Kompetitor

Sudah menggunakan strategi di atas, jangan lupa memperhatikan gerak gerik pesaing. Alasannya untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan agar sebuah merek lebih unik dari yang lain. Anda harus tahu taktik yang digunakan. Nggak mungkin dong anda akan menggunakan strategi yang mirip dengan pesaing anda dan membuat target pasar menjadi bingung.

Tambah lagi, dengan menganalisa kemungkinan untuk menghindari kesalahan yang terjadi pada usaha branding mereka.

Cara di atas merupakan gambaran besar dari berbagi pendekatan yang bisa anda lakukan dalam branding produk. Dan akhirnya kreativitas dan pengetahuan akan strategi brand kompetitor akan berperan lebih besar atas kesuksesan anda.

Semoga infonya bermanfaat.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah
Tags:

Belum ada Komentar untuk 7 Strategi Branding Memaksimalkan Brand Produk

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 7 Strategi Branding Memaksimalkan Brand Produk

3 Rincian Wajib Dalam Usaha Konter Pulsa Untuk Sendiri

T 27 October 2018 F , , , , , , , A Roudhotun Nafi'ah

Jaman sekarang usaha konter banyak sekali digandrungi. Sebab sekarang ini banyak sekali usaha konter yang dicari oleh banyak masyarakat, yang dimaksud adalah usaha konter pulsa. Ada rincian yang juga harus anda ketahui yang harus disesuaikan dengan jenis usaha pulsa yang... Selengkapnya

Tips Untuk Mempromosikan Bisnis Pulsa

Tips Untuk Mempromosikan Bisnis Pulsa

T 27 February 2019 F A Roudhotun Nafi'ah

Tips Untuk Mempromosikan Bisnis Pulsa – Promosi dalam sebuah bisnis merupakan salah satu cara untuk membuat orang mengetahui bahwa kita sedang berbisnis dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis. Terlebih lagi kita baru terjun ke dunia bisnis, apapun bisnisnya termasuk bisnis pulsa.... Selengkapnya

5 Tips Supaya Punya Langganan Pulsa dan PPOB

T 18 February 2019 F , A Roudhotun Nafi'ah

5 Tips Supaya Punya Langganan Pulsa dan PPOB – Bisnis PPOB merupakan bisnis online yang bergerak dalam bidang transaksi. Semakin banyak transaksi yang terjadi maka semakin besar keuntungan yang anda bisa dapatkan.

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.