Beranda » tips sukses » 5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

T Diposting oleh pada 15 February 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 225 kali
Distributor Pulsa Electrik Termurah

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan – Mau nanya nih, ketika anda mendengar nama Indomie apa yang akan muncul dipikiran kalian? Banyak yang menjawab merk itu identik dengan mie instan, bahkan kalau produk tersebut berasal dari merek lain.

Kenapa ya banyak beranggapan seperti itu? Karena merek Indomie yang kuat dalam industrinya. Kalau ingin merek bisnis anda terkenal maka perlu mencontoh dari merk Indomie ini, membangun citra yang positif.

Sebelum itu anda perlu tahu apa itu merk atau brand. Merk merupakan nama, istilah, desain, simbol, atau karakteristik lainnya dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dari yang lain, menurut American Marketing Association.

Sedangkan kata branding merupakan segala usaha yang dilakukan untuk menciptakan sebuah brand. Dnegan kata lain menentukan misi, visi, serta logo dapat dikategorikan sebagai branding.

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

Sebelum melakukan branding, ketahui dulu apa itu branding dan jenisnya. Sebab setiap jenis branding memiliki tujuan yang berbeda dan media yang digunakan juga berbeda.

Berikut sedikit ulasan mengenai jenis branding yang paling populer dan banyak digunakan para pebisnis.

Product Branding

Branding produk tau Product branding adalah jenis branding yang paling umum digunakan. Anda sering melihatnya dimana-mana. Dari website dan media sosial, hingga TV, koran, dan billboard. Tujuannya untuk mempromosikan produk yang baru diluncurkan atau meningkatkan penjualan produk yang sudah ada.

Biasanya yang ditampilkan adalah fitur-fitur produk, harga produk, variasi produk, dan nilai-nilai lain yang bisa menjadi keunggulan kompetitif.

Yang ditampilkan adalah fitur-fitur produk, harga produk, variasi produk, dan nilai-nilai lain yang bisa menjadi keunggulan kompetitif. Contoh yang bisa anda lihat adalah dari bisnis makan yang dilakukan KFC di akun Instagram-nya

Personal Branding

Pernah menemukan orang yang menggunakan namanya sendiri sebagai brand produknya? Ini namanya personal branding. Metode ini digunakan oleh orang yang memiliki status tertentu. Seperti artis, para politisi, atlit, sampai selebgram. Tujuannya adalah brand awareness, alias popularitas.

Media sosial adalah media yang paling seirng digunakan. Sederhana saja alasannya, karena media sosial adalah platform yang paling tepat untuk mengekspresikan karakter mereka. Merry Riana – seorang motivator terkenal – rutin melakukan personal branding di akun Facebook-nya.

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

Corporate Branding

Sesuai dengan namnya jenis branding ini bertujuan untuk mempromosikan sebuah perusahaan. Menampilkan nilai-nilai perusahaan, etos kerjanya, sejarah perusahaan, atau misi perusahaan. Supaya konsumen merasa lebih aman mengenai perusahaan tersebut. Promosi menggunakan bermacam-macam media seperti PR (public relation), media sosial, website, dan sponsor event. Corporate branding yang dilakukan Gojek di website

Geographical Branding

Pernah mendengar tagline “Pesona Indonesia”, kan? Iklan yang ditayangkan menampilkan keindahan alam dan budanya Indonesia. Salah satu dari contoh geographical branding. Jenis branding yang berbeda dengan lainnya, lebih menonjolkan keindahan, keunggulan, dan keunikan suatu wilayah.

Jenis branding ini paling banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang terkait dengan bidang pariwisata.

Bisa menggunakan banyak media untuk melakukan geographical branding. Tapi lebih banyak menggunakan video dalam akun media, sampai portal berita untuk mencangkup semua elemen.

5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

Co-Branding

Kolaborasi yang dilakukan bersama oleh dua brand atau lebih. Simpel saja, mereka hanya ingin menarik minat dari seluruh bisnis yang terlobat. Jangkauan konsumenya menjadi lebih banyak. Hasilnya adalah menciptakan produk yang di hasilkan bersama-sama. Tahu eskrim Wall’s dan Oreo yang berkolaborais menciptakan produk Cornetto Oreo Ice Cream.

Mau pakai jenis branding yang mana? Kalau untuk poin satu dan dua paling banyak digunakan oleh hampir semua bisnis skala kecil, menengah, ke atas. Karena memang paling mudah untuk dilakukan. Dan sisanya hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki pasar yang luas dan besar.

Tak usah berkecil hati ya? lakukan saja sesuai dengan skala kemampuan bisnis anda. Banyak cara untuk melakukan branding supaya bisnis berkembang.

Semoga bermanfaat.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Belum ada Komentar untuk 5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 5 Jenis Branding yang Paling Populer Digunakan

Inilah Alasan Bisnis Kamu Harus Berubah ke Bisnis Online

T 10 October 2018 F , , A Roudhotun Nafi'ah

Saat ini bisnis online sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Contohnya berbisnis pulsa elektrik dengan harga terjangkau. Contoh lain berbisnis online dapat dilakukan dengan membuka website. Karena begitu praktis dalam bisnis online, banyak sosial media yang mendukung bisnis online. Kalau anda... Selengkapnya

Pemesanan etalase konter pulsa secara online

T 3 September 2018 F , , , , , , A Roudhotun Nafi'ah

Bukalapak ialah situs belanja online yang sudah sangat terpercaya. Jadi anda nggak perlu kahawatir tertipu. Dari kenyataan teman-teman memesan barang dari bukalapak apabila 4 hari barang tidak datang dan mereka sudah membayar, uang 100% kembali. Dari track recordnya sangat jarang... Selengkapnya

3 Cara Mengambil Uang di Bank dengan Buku Tabungan

T 2 October 2018 F , , A Roudhotun Nafi'ah

Buku tabungan merupakan bukti sah bagi pemilik rekening tabungan di bank. Adanya buku tabungan tersebut seseorang sudah sah menjadi pemilik nasabah di bank. Kalau tidak punya buku tabungan, orang tersebut belum sah menjadi pemilik nasabah di bank. Kali ini objek... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.