Beranda » News » 5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

T Diposting oleh pada 7 February 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 253 kali
Distributor Pulsa Electrik Termurah

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan – Selain melakukan branding, ada kalanya juga perlu melakukan rebranding. Ada banyak alasannya mengapa hal ini perlu dilakukan. Bisa karena strategi yang murni atau menyesuaikan dengan perubahan pasar yang sedang terjadi. Melakukan rebranding bukanlah perkara yang mudah, butuh langkah yang tepat agar rebranding berjalan sesuai tujuan.

Siap untuk Melakukan Rebranding?

Rebranding merupakan strategi bisnis yang dilakukan untuk memperbarui citra brand sesuai dengan tujuan pengembangan bisnis yang diinginkan.

Terbagi menjadi dua, rebranding total dan rebranding sebagian. Sudah jelas dari namanya rebranding total berarti akan mengubah secara keseluruhan brand bisnis, mulai dari logo, warna brand, hingga ke citra umum dan strategi brandingnya. Sedangkan rebranding sebagian hanya mengubah beberapa elemen bisnis, misalnya sekedar perubahan logo.

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

Kebutuhan akan rebranding pada bisnis berbeda-beda. Biasanya bisnis tahu kapan dan saatnya melakukan rebranding. Saat bisnis semakin besar, mengubah persepsi akan membuat penjualan produk semakin menurun.

Dasarnya ada alasan dan tujuan tersendiri melakukan rebranding. Berikut :

Mengubah Persepsi

Misalnya, citra brand kurang sesuai dengan tujuan bisnis atau karena adanya persepsi brand yang buruk di bayak mata pelanggan.

Sebuah Perusahaan platform transportasi oleh Uber ini sempat mendapatkan persepsi buruk. Dari isu buruk itu kepada mitra kemudinya, sampai isu negatif yang menimpa CEO mereka saat. Jadinya mereka melakukan perombakan citra bisnis. Rebranding Uber saat itu cukup efektif mengubah persepsi buruk yang mengganggu reputasi bisnis mereka. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen bisnis terhadap budaya baru perusahaan yang lebih baik.

Langkah rebranding Uber saat itu cukup efektif mengubah persepsi buruk yang mengganggu reputasi bisnis mereka. Selain itu, rebranding tersebut juga sebagai wujud komitmen bisnis terhadap budaya baru perusahaan yang lebih baik.

Mau bisnis membangun brand image yang lebih positif, rebranding bisa menjadi strategi yang bagus, mengubah mata pelanggan dengan cara pandang baru.

Memperluas Target Pasar

Ingin mengembangkan bisnis dengan memperluas pasar, rebranding perlu dilakukan. Apalagi jika target pasar yang dituju berbeda.

Pabst Blue Ribbon salah satu perusahaan bir terkenal di dunia menggunakan cara ini. Dengan mengubah nama dan packaging menjadi lebih mewah untuk menjangkau target pasar baru di negara lain.

Sebelumnya citra bisnisnya hanya terjangkau untuk kalangan mahasiswa di Amerika. Dengan perubahan nama menjadi “Blue Ribbon 1844” dan ditambah packaging yang mewah. Bisa sampai ke China dengan harga yang mahal.

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

Beradaptasi dan Mengikuti Tren

Tren akan selalu berubah dan bisnis harus selalu beradaptasi. Kalau brand sendiri sudah tertinggal zaman, anda perlu melakukan rebranding untuk menghidupkan kembali brand. Brand yang tidak sesuai tren pasar akan ditinggalkan konsumennya.

Airbnb melakukan rebranding untuk mengikuti tren, stratup akomodasi ini melakukan torbosan dengan mengubah konsep bisnis. Dari bisnis hotel menjadi bisnsi akomodasi komunitas. Lalu mereka melakuakn rebranding dengan mengubah tagline bisnis menjadi “belong everywhere”.

Langkah yang diambil menunjukkan bahwa AirBnB tidak hanya berfokus pada keterlibatan banyak orang dalam menikmati wisata yang menyenangkan. Tapi juga target mereka adalah pasar global yang terus berkembang.

Supaya semakin menegaskan langkah rebranding yang dilakukan, mereka mengubah logonya. Logo menggambarkan bahwa Airbnb milik siapa saja dan menjadi bagian dari perjalanan wisata setiap orang dimanapun berada. Tidak berhenti sampai disitu, mereka membuat fonto khusus yang mencermintakn rebranding mereka, sampai sebuah microsite mereka ciptakan khusus untuk membahas font baru. Hasilnya bisnis mereka banyak di lirik oleh banyak kalangan.

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

Tampil Beda dengan Visi Baru

Mau tampil berbeda dari kompetitor, melakukan rabranding bisa jadi jalannya. Tampil dnegan gaya yang unik, dan anda lebih mudah untuk menarik calon konsumen anda. Jangan salah, strategi ini bisa digunakan oleh bisnis apapun, bahkan sampai organisasi nirbala sekalipun.

The Parkinson Foundation, sebuah organisasi yang membantu penderita Parkinson untuk mendapatkan penyembuhan. Mengubah visi, tagline, hingga desain logo.

Dulu, mereka hanya menerima donasi saja, dan menggunakannya untuk menembukan obat bagi penyembuhan Parkinson di masa depan. Sama juga dilakukan oleh organisasi lain. Artinya, kampanye yang dilakukan sama.

Sebab mereka menyadari bahwa penyembuhan masa depahanya hanya dimungkinkan dengan perawatan masa kini. Sejak itu menjelaskan visi baru mereka, yaitu “Better Lives, Together”. Mengganti logo dan semua aset brand dengan warna biru yang cerah, lambang keoptimisan melawan penyakit dan memperbanyak kesembuhan.

Merger dengan Perusahaan Lain

Saat dua perusahaan bergabung dan menjadi satu brand, rebranding wajib dilakukan. Sebab masing-masing perusahaan memiliki visi yang berbeda dan perlu disatukan dalam visi yang baru.

Tujuannya untuk menunjukkan arah bisnis yang baru juga agar konsumen memahami produk bisnis yang akan diciptakan. Dari contoh nyata karena merger dilakukan oleh Exxon dan Mobil. Keduanya adalah perusahan minyak dan gas dari Texas, Amerika. Membentuk perusahaan baru bernama Exxon Mobil Corporation. Sebuah visi untuk menyediakan sumber energi yang tidak hanya cukup untuk kebutuhan konsumen tapi juga aman dan sesuai perkembangan teknologi. Semuanya turut berubah mulai logo dan menciptakan tagline bisnis baru, yaitu Energy lives here.

5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

Apakah masih ragu untuk melakukannya. Kalau memang perlu dilakukan lakukan saja untuk perkembangan bisnis anda. Memang untuk melakukannya membutuhkan modal tambahan yang besar. Tapi tidak mungkin untuk dilakukan karena ini perlu banyak tahap dan waktu untuk mewujudkannya.

Semoga infonya bermanfaat.

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Belum ada Komentar untuk 5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 5 Alasan dan Tujuan Rebranding Perlu Dilakukan

7 Alasan Bisnis Pulsa dan Kuota Menguntungkan

T 20 February 2019 F A Roudhotun Nafi'ah

7 Alasan Bisnis Pulsa dan Kuota Menguntungkan – semua pasti tahu apa itu pulsa? Sebagian besar orang membutuhkan yang namanya pulsa untuk berbagai kebutuhan misalnya untuk menelpon atau mengirim SMS, update informasi terkini, gaya hidup, atau aktif di sosial media.... Selengkapnya

Bagaimana Cara Berlangganan OrangeTV

T 3 January 2019 F A Roudhotun Nafi'ah

Bagaimana Cara Berlangganan OrangeTV – Apakah anda tahu apa itu Orange TV? Bagi anda yang belum tahu apa itu Orange TV, OrangeTV merupakan TV berlangganan yang menggunakan sistem prabayar , di sajikan berbagai macam hiburan bermutu dan pertandingan sepakbola terlengkap... Selengkapnya

Format Lupa PIN Transaksi Pulsa Telusur Reload

T 28 November 2018 F A Roudhotun Nafi'ah

Format Lupa PIN Transaksi Pulsa Telusur Reload – apakah anda pernah lupa dengan pin yang sudah pernah digunakan untuk aplikasi penjualan pulsa. Atau sebab sudah berganti server pulsa yang lebih murah dan nyaman dan akhirnya lupa pin transaksi di Telusur... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.