Beranda » News » 10 Cara Menggunakan WhatsApp Business

10 Cara Menggunakan WhatsApp Business

T Diposting oleh pada 5 December 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 450 kali
Distributor Pulsa Electrik Termurah

10 Cara Menggunakan WhatsApp Business – kini ada kabar baik untuk anda yang selama ini menggunakan WhatsApp sebagai media bertransaksi dengan konsumen. Baru ini pihak WhatsApp meluncurkan versi baru yang khusus untuk bisnis dan brand.

Aplikasi tersebut berbeda dengan biasa kita gunakan, WhatsApp yang kita gunakan merupakan aplikasi personal, sedangkan aplikasi WhatsApp untuk berbisnis adalah WhatsApp Business yang harus kita unduh sendri dari play store, sebagai pengenalan untuk anda yang berbisnis, anda bisa beradaptasi menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk semakin mempercepat pelayanan anda dengan konsumen dan lancar. Yuk simak sampai habis!

Mendaftar Akun WhatsApp Business

Sama seperti aplikasi yang lainnya, anda memerlukann nomor ponsel yang aktif. Sebgai catatan, anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Business dengan nomor yang anda pakai di WhatsApp personal atau yang biasa anda gunakan. Jika anda menggunakan nmor yang sama, anda harus memilih salah satu di antaranya, ingin tetap pada versi biasa atau ke versi bisnis.

Akun WhatsApp Business

Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi WhatsApp Business dari Play Store.

Jika sudah terpasang, jalan aplikasi seperti biasanya, lalu tap Agree and Continue untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Saat muncul jendela pop up, lakukan tap Continue dan tap Allow beberapa kali.

Berikutnya, masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan.

Umumnya, sistem secara otomatis akan mengenali kode verifikasi anda yang dikirimkan melalui pesan. Tapi jika tetap diminta, buka SMS tadi, lalu ketik kode verifikasi yang ada di SMS tersebut.

Selanjutnya, isi nama bisnis anda, pastikan isis dengan benar sebab nama tersebut tidak dapat di ubah di kemudian hari. Selamat! Akun WhatsApp Business Anda sudah berhasil dibuat, anda sudah bisa menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen.

Mengubah Profil Bisnis

Profil bisnis, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings.

Seperti yang sudah disinggung, dalam pengaturan bisa anda lengkapi data perusahaan anda seperti lokasi, kategori, foto, deskripsi dan juga situs web. Bila semua data sudah benar, tekan tombol save yang berada di kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Melihat Statistik Pesan

Anda bisa melihat informasi tentang berapa banyak pesan yang diterima lalu dikirimkan ke pelanggan melalui Panel statistic. Caranya , masih di menu settings, tap menu statistic.

Membuat Away Message

Away Message bisa digunakan untuk membantu pelaku bisnis agat tetap berhubungan dengan konsumen saat tidak berada di tempat, pelayanan sedang di tutup. Fitur tersebut akan memberikan jawaban pesan otomatis saat ada pelanggan yang mengirimkan pesan.

Tap menu Settings – Business Settings – Away Message,beri tanda centang untuk mengaktifkan fiturnya, lalu edit default sudah ada, disarankan gunakan kalimat sesuai dengan gaya anda. Setelah selesai, tap save untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Greeting Message

Greeting Message membantu pebisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini secara otomatis terkirim kepada pelanggan ada yang telah menghubungi anda setelah 14 hari lebih tanpa komunikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message.

Cara Menggunakan Whatsapp Businesss

Posisikan tombol ke ON, lalu edit kata sambutan yang menurut anda paling ramah, sehingga membuat pelanggan anda merasa dihormati, tekan tombol save untuk menyimpannya.
Cara Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies)

WhatsApp Business bisa membuat jawaban cepat karena dipicu kata kunci tertentu. Dengan cara seperti ini anda bisa lebih menghemat waktu sebab tidak perlu mengetik satu atau dua kata satu persatu.
Caranya, buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.

Defaultnya ada satu quick replies yang sudah ada adalah, thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda bisa membuat quick replies yang lain seperti ucapan minta maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan Anda. Terakhir tap tombol Save. Kemudian, setiap anda ingin mengetik kata kunci maaf, secara otomatis akan mengirimkan pesan permintaan maaf seperti yang sudah anda ketikkan sebelumya.

Mengaktifkan Fitur Enkripsi

Pesan panggilan WhatsApp Business dilindungi oleh mengaktifkan fitur enkripsi di whatsapp business prosedur enkripsi end-to-end. Dengan tambahan satu langkah, anda dapat mengetahui perubahan kode dari kontak yang menghubungi anda.

Mengaktifkan Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification)

WhatsApp Business juga menggunakan sistem keamanan dua langkah jika diinginkan. Caranya, buka menu Settings – Account – Two-step Verification.

Selanjutnya, tap Enable kemudian masukkan 6 digit angka acak yang digunakan sebagai PIN verifikasi. Ulangi kode yang sama saat diminta.

Tap Next , masukkan alamat email sebanyak dua kali, dan selesai. Tap Done, dan akan muncul panel baru di mana anda bisa menon-aktifkan fitur untuk mengganti PIN atau email.

Cara Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp Business

Pesan broadcast adalah media yang paling sering digunakan untuk menawarkan produk baru, harga promo, program paket dan lainnya. Fitur ini bisa dimaksimalkan untuk mendorong angka penjualan anda.

Untuk membuat pesan broadcast, sangat mudah. Tap tombol menu utama, New Broadcast.

Tandai kontak yang ingin dimasukkan ke daftar penerima pesan broadcast, lalu tap ikon centang berwarna hijau.

Kumpulan penerima broadcast telah dibuat, anda bisa mengirimkan isi penawaran ke konsumen. Kontak yang berada pada posisi online akan menerima pesan broadcast anda sama persis.

Cara Menghapus Akun WhatsApp Business

Jika anda ingin menghapus akun WhatsApp Business, dengan alasan tertentu, caranya hampir sama dengan akun whatsApp pada umumnya, buka menu Setting – Account – Delete my Account.

Masukkan nomor ponsel yang anda gunakan saat mendaftar akun, lalu tap Delete my Account.

Itulah, 10 Cara Menggunakan WhatsApp Business yang bisa anda coba untuk pengembangan bisnis anda. Bila dilihat secara keseluruhan, banyak sekali fitur yang mirip dengan versi personalnya, kecuali menu Business Settings yang menjadi pembedanya. Jika anda sudah terbiasa menggunakan WhatsApp personal anda tidak akan keesullitan untuk versi bisnisnya.

Ada bagian utama dalam WhatsApp Business yaitu Chat, Status dan Call.

Semakin mudah bila anda bergabung bersama kami di telusurreload.org, buruan daftar dan rasakan bisnis pulsa yang menguntungkan.

Baca juga : 16 Tips Membuat Kata-Kata Yang Bagus Untuk Ajak Orang Jualan kuota

Selamat mencoba!

Anda mencari Distibutor PULSA & KUOTA termurah ? disini tempatnya: Klik Disini.
Distributor Pulsa Electrik Termurah

Belum ada Komentar untuk 10 Cara Menggunakan WhatsApp Business

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 10 Cara Menggunakan WhatsApp Business

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pertama Kali

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pertama Kali

T 15 March 2021 F A Roudhotun Nafi'ah

Tips Menggunakan Kartu Kredit Pertama Kali – Ciee udah ada kartu kredit nih, pikiran udah mulai membayangkan apa yang anda lakukan dengan kartu kredit itu. Membeli sesuatu yang sudah diidamkan sejak lama mungkin bisa menjadi rencana. Terlebih barang yang anda... Selengkapnya

Tips Memilih Tempat Kerja Untuk Pertama Kali Kerja

Tips Memilih Tempat Kerja Untuk Pertama Kali Kerja

T 25 April 2021 F A Roudhotun Nafi'ah

Tips Memilih Tempat Kerja Untuk Pertama Kali Kerja – Udah lulus bangku pendidikan mau banget ya segera mendapatkan pekerjaan, hal ini yang membuat anda lebih bersemangat dalam mencari kerjaan yang cocok dan sesuai dengan bidang akademis anda. Tentu keyakinan anda... Selengkapnya

Tabungan di Mandiri lebih baik

T 3 January 2019 F A Roudhotun Nafi'ah

Tabungan di Mandiri lebih baik – Sekarang banyak sekali jumlah bank yang ada di Indonesia, anda bisa memilih bank mana yang di jadikan tempat penyimpanan uang atau untuk menabung. Jika anda ingin menabung di bank maka anda perlu membuka rekening... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.